Minggu, 28 September 2014

Tes Prestasi, perlu atau tidak?



Saya yakin kita semua sudah pernah menjalani Ulangan harian, UTS, UAS dan tes-tes yang lainnya. Tes-tes ini seringkali memberikan beban atau stress bagi diri kita namun apa daya,  kita tetap harus menjalaninya. sebelum menjawab apakah Tes Prestasi itu perlu atau tidak, kita harus mengetahui Pengertian dari Tes tersebut.

Apa itu Tes?
Tes adalah Anastasi dan urabian (1997, dalam Djaali & Muljono, 2008:6) mengatakan bahwa tes diartikan sebagai alat pengukur yang mempunyai standar objektif, sehingga dapat dipergunakan secara meluas, serta betul-betul dapat digunakan untuk mengukur dan membandingkan keadaan psikis atau tingkah laku individu.
Jika kita mengaitkan dengan dunia pendidikan, maka tes adalah alat untuk mengukur prestasi atau pencapaian siswa. Pencapaian atau prestasi yang mana? Tentu saja pencapaian atas materi-materi yang telah diberikan oleh pengajar atau guru.

Jadi, Apakah Tes Prestasi itu perlu?
Jawabanya adalah .... Perlu.
Tes prestasi itu perlu karena dengan  Tes Prestasi, kita dapat mengukur sudah sejauh mana siswa mengerti dan memahami pelajaran yang telah mereka pelajari. Dengan Tes prestasi, kita juga dapat melihat perkembangan dan kemajuan yang dimiliki oleh para siswa.  Apabila hasil tes prestasi siswa baik maka dapat dikatakan siswa tersebut telah menguasai dan memahami materi pelajaran yang telah diberikan. Dengan kata lain siswa mampu untuk lanjut ke materi selanjutnya.

Bahkan ada beberapa ahli teori pembelajaran mengatakan bahwa umpan balik yang berupa nilai itu peting untuk meningkatkan intensitas kegiatan belajar. Seperti yang dikemukakan oleh Thorndike (1991) bahwa peserta didik akan belajar lebih giat dan berusaha lebih keras apabila mengetahui bahwa di akhir program yang sedang ditempuh akan ada tes untuk mengetahui nilai dan prestasi mereka.

Tes prestasi ini juga memberikan manfaat kepada para guru atau pengajar dan juga berfungsi untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Bagi guru, tes prestasi ini dapat memberikan evaluasi tersendiri dalam tata cara mengajar yang mudah dimengerti oleh para siswa. Guru dapat memperbaiki atau menambahkan cara mengajar yang baru agar muridnya dapat lebih mudah untuk memahami materi-materi yang diberikan. Kemudian untuk peningkatan kualitas pembelajaran, hasil tes prestasi dapat dijadikan acuan dalam menentukan pembelajaran yang tepat bagi para siswa.

Untuk itu, mulai dari sekarang beritahukanlah kepada orang terdekat anda baik itu anak, adik, kakak ataupun teman bahwa Tes Prestasi sangatlah perlu dan penting. Penting untuk peserta didik itu sendiri, penting untuk pengajar maupun kepentingan dunia pendidikan.


Sabrina Nur Amalina
1125110540
Reguler 2011

http://sflussy.blogspot.com/2014/09/apa-kata-mereka-tentang-tes-prestasi.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar